9.2.14

8 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Putus Cinta

Pepatah kuno yang sangat kuno pernah mengatakan bahwa "Putus cinta itu tidak sakit, yang sakit adalah sudah putus tapi masih cinta". sepenggal kalimat itu emang ada benernya, apalagi buat orang yang belum move on, yang hati dan pikirannya masih tertinggal di masa lalu. dan yang katanya "cinta itu berjuta rasanya" mungkin kalimat tersebut sudah nggak berlaku lagi bagi orang yang gagal move on.
Adakah kiranya diantara kalian setuju dengan kalimat tersebut? Yap, terlepas dari itu semua, putus cinta bukanlah sebuah hal yang perlu disesali, sebab dari putus cinta kita bisa belajar banyak hal. karena guru terbaik adalah masa lalu, jadi jelas kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Walaupun sebenernya menurut gue pribadi, putus cinta itu sangat perih dan menyakitkan, tapi mau gimana lagi. nasi telah menjadi rengginang, tak ada yang perlu disesali dan jangan jadikan putus cinta sebagai beban berat, karna semua yang ada di dunia ini nggak ada yang abadi, so ikhlas dan relain apa yang udah bukan milik kita lagi.

Tapi sebenernya kembali ke niat masing-masing, karena yang namanya putus cinta kan sudah semestinya kita bangkit dan menata hidup kembali. It’s time to let it go. Move away, move on, and move up! Dan apa saja yang bisa kamu lakukan setelah putus cinta? madam telah merangkumnya dalam 8 hal yang harus dilakukan setelah putus cinta versi madam syahira, and starting with…

1. Cari tempat dimana kamu bisa menyendiri, keluarkan semua kesedihan yang ada. jangan setengah-setengah langsung luapin semua. karena pada prinsipnya lebih baik kecewa hari ini daripada menangis dikemudian hari. sedangkan kalo gue sih lebih suka olahraga sebagai media untuk mengeluarkan segala penat yang mengganjal dihati. karena selain sehat, olahraga juga bisa membuat penampilan kita semakin bugar dan bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas.
2. Keluarkan semua yang menganjal di hati dan pikiran kamu. tuangkan dalam sebuah tulisan. tulis juga bagaimana perasaan kamu saat ini dan apapun itu termasuk alasan sampai kamu bersyukur pisah sama dia. lalu buatlah kata-kata yang memotivasi kamu untuk bangkit kembali.
3. Berhenti kepoin tentang dia, mau itu dalam bentuk media sosial ataupun dalam kehidupan nyata. Memang rasanya sangat berat sekali untuk tidak melihat apa yang mantan lakukan di sosial media, mencari tau dia lagi dimana, ngapain aja, sama siapa, deket sama siapa dan bertubi-tubi pertanyaan khas orang yang gagal move on bakal menyerang diri kamu. Kebiasaan menscroll timeline mantan juga akan membuat kita menjadi adiksi. jadi segera tinggalkan kebiasaan yang membuang-buang waktu seperti ini, karena semakin sering stalking akan semakin susah untuk move on.
4. Perbanyak aktivitas dan cari kegiatan baru untuk membelokan fokus pikiran dari mantan. jadi yang selama ini kerjaan kamu cuma bengong mikirin hal yang enggak-enggak, sekarang saatnya cari kegiatan yg ekstra mikir seperti ngerjain PR dan tugas yang bejibun, main flappy bird, maupun ngelakuin hobi yang biasanya tidak pernah kamu lakukan saat masih bersamanya. Hobi ini nantinya akan memberi kamu kesibukan, hingga tidak sempat lagi untuk mengingat mantan pacar.
5. Cari teman curhat buat ngeluarin segala keluh kesah dan minta pendapatnya biar hati kamu bisa lega dan stabil lagi. pastikan teman curhatnya bukan orang yang naksir sama kamu. karena entar ujung-ujungnya malah masuk dalam zona friendzone atau lebih-lebihnya kamu bisa dicap PHP. Lebih baik curhat sama sahabat deket yang udah kenal kamu baik itu luar maupun dalem dan tau segala macem aib-aib kamu.
6. Kalau biasanya sering manjain mantan waktu masih pacaran, sekarang gantian saatnya manjain diri sendiri dengan cara pergi ke salon ganti model rambut, creambath, ke dept. store beli baju atau jeans baru dan apapun yang perlu diganti agar bisa membuat kamu nyaman dan tampil lebih fresh kembali.
7. Sekarang saatnya kamu buat janji dan keluar hangout bareng teman, sahabat dan keluarga kamu. usahakan perluas pergaulan agar kamu tidak sendirian lagi. Sedangkan main bareng teman itu obat mujarab buat netralin perasaan kamu. lakukanlah segera!
8. Dan yang terakhir adalah kamu harus bertekad untuk move on. karena hal-hal di atas akan tidak ada gunanya sama sekali jika kamu tidak memiliki tekad yang kuat untuk melangkah maju dan meninggalkan masa lalu. Tekad untuk benar-benar mengakhiri hubungan dan melanjutkan hidup harus kuat. dan jangan lupa untuk berdoa, walaupun terlihat sepele namun support secara spiritual memang terbukti sangat membantu kamu untuk move on. cobalah dengan mendekatkan diri ke tuhan, berdoalah agar diberi kelancaran dalam menghadami masalah yang datang silih berganti.
Nah! itu tadi beberapa tips dan saran yang secara langsung gue berikan untuk para pembaca setia blog ini. Yang jelas sih, tips-tips itu sudah sering gue lakuin dan telah bersertifikasi halal MUI yang pastinya dijamin sukses bikin kamu move on. dan tanpa ada niat untuk menggurui, kesimpulan dari point yang telah gue tulis panjang kali lebar kali tinggi ini adalah "Move on itu bukan bicara tentang sanggup atau tidak. Yang lebih penting adalah mau atau tidak melepas masa lalu untuk mendapatkan yang lebih baik dari masa lalu."

foto: dok. pribadi
#Syahiralayali

2 komentar:

  1. tak ada hati yang tak retak kak hhaha
    :/
    by : yang barusan mention hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha terimakasih telah berkunjung.

      Hapus