13.1.13

Kelompok Sosial

Ikatan Dokter Indonesia

Ikatan Dokter Indonesia disingkat IDI adalah organisasi profesi kedokteran di Indonesia. Dokter berperan penting dalam berpartisipasi membangun bangsa dan negara melalui bidang kesehatan. Ikatan Dokter Indonesia sebagai organisasi profesi kedokteran merupakan salah satu stakeholder pelayanan atau kesehatan yang turut bertanggung jawab dalam menjamin terselenggaranya pelayanan kedokteran yang bermutu.

IDI (Ikatan Dokter Indonesia) telah mengeluarkan Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Berkelanjutan, dan untuk pelaksanaannya perlu dibuat Pedoman Pelaksanaan Program Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan bagi seluruh anggotanya.

Tujuan Program IDI ini adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme seorang dokter (berkualitas dan beretika) sesuai dengan standar kompetensi global terjaminnya suatu penyelenggaraan pelayanan kedokteran yang bermutu melalui upaya sertifikasi dokter.

Program IDI ini pada dasarnya merupakan upaya pembinaan bersistem untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap dokter agar senantiasa dapat menjalankan profesinya dengan baik. Organisasi IDI juga merupakan bagian intergral dari mekanisme pemberian izin praktik.

Klasifikasi Organisasi Ikatan Dokter Indonesia Berdasarkan Tipe-Tipe Kelompok Sosial :

Durkheim
Dalam pengelompokan sosial menurut Durkheim, IDI termasuk kelompok sosial yang didasarkan pada Solidaritas Organik, karena IDI merupakan bentuk solidaritas yang bersifat mengikat, sehingga unsur-unsur di dalam organisasi tersebut saling bergantung. Karena adanya saling ketergantungan ini, ketiadaan salah satu unsur akan mengakibatkan gangguan pada kelangsungan hidup organisasi itu sendiri.

Ferdinand Tonnies
Menurut penulis, IDI termasuk dalam kelompok  Patembayan Gesselschaft karena kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.

Ellsworth Farris
Menurut penulis IDI termasuk dalam kelompok Sekunder karena IDI merupakan kelompok besar yang terdiri banyak orang, tidak begitu langgeng, tidak bersifat pribadi dan berciri kelembagaan.    

referensi                                                                                                                   

3 komentar:

  1. ellis indah mawarni13.1.13

    ra,ini lu cuma satu doang??

    BalasHapus
  2. ada lagi, gue buat 3. nggak gue masukin semua kesini lah lis.

    BalasHapus
  3. ellis indah mawarni13.1.13

    ohhh gitu,hehe yauda :)

    BalasHapus